Dankodiklatal Hadiri Tupdik 129 Taruna AAL Angkatan Ke-69 Tahun 2024

0

Surabaya, LNM – Komandan Kodiklatal (Dankodiklatal) Letjen TNI Marinir Nur Alamsyah didampingi Ketua Gabungan Jalasenastri Kodiklatal Ny. Ayu Nur Alamsyah menghadiri Upacara Penutupan Pendidikan (Tupdik) dan Wisuda Sarjana 117 Taruna dan 12 Taruni Akademi TNI Angkatan Laut (AAL) Angkatan ke-69 tahun 2024, yang dipimpin Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Dr. Muhammad Ali, bertempat di Gedung Maspardi, Kampus AAL, Bumimoro, Surabaya, Jumat (05/07/2024).

Dalam Upacara Penutupan Pendidikan tersebut, ditandai dengan Pengalungan Samir (Kalung Wisuda) kepada para Wisudawan oleh Kasal yang disaksikan Ketua Umum Jalasenastri Ny. Fera Muhammad Ali selaku Ibu Taruna AAL. Sedangkan Ijazah tanda lulus diserahkan dari Gubernur AAL Laksda TNI Supardi kepada para Taruna AAL.

Dengan berakhirnya Pendidikan tersebut, maka 129 alumni D4 (setara S1) Lembaga Pendidikan AAL ini, berhak menyandang gelar S.Tr (Han) (Sarjana Terapan Pertahanan) dengan lima Program Pendidikan (Prodik), yaitu Korps Pelaut dengan Prodik Manajemen Pertahanan Matra Laut, Korps Teknik dengan Prodik Teknik Mesin Kapal Perang, Korps Elektronika dengan Prodik Teknik Elektronika Kapal Perang.

Selain itu, Korps Suplai dengan Prodik Manajemen Logistik dan Keuangan Matra Laut, serta Korps Marinir dengan Prodik Manajemen Pertahanan Matra Laut Aspek Darat. Para Taruna AAL yang dinyatakan lulus tersebut terdiri dari 58 orang Korps Pelaut, 21 orang Korps Teknik, 21 orang Korps Elektronika, 16 orang Korps Suplai, dan 13 orang Korps Marinir.

“Penutupan Pendidikan dan Wisuda ini, pada hakikatnya bukanlah suatu akhir, melainkan awal dari fase baru perjalanan karier dan pengabdian kalian. Upacara Wisuda Prasetya Perwira, dimana kalian akan mengucapkan Sumpah Perwira di hadapan Presiden Republik Indonesia, akan menandai pergantian status dari Taruna menjadi Perwira,” kata Kasal dalam amanatnya.

Sejumlah Taruna juga berhak menyandang sebagai lulusan terbaik masing-masing Korps dan mendapat piagam penghargaan yaitu Sermatutar (P) Judhan Umar dari Korps Pelaut, Sermatutar (T) l Muhammad Pramono Mukti, dari Korps Teknik, Sermatutar (E) Fandi Kurniawan dari Korps Elektronika, Sermatutar (S/W) Annisa Inas Hanifah, dari Korps Suplai, dan Sermatutar (M) Mochamad Irvan Sugianto dari Korps Marinir.

Sedangkan yang berhasil keluar sebagai lulusan terbaik AAL Angkatan ke-69, serta berhak mendapatkan penganugerahan Bintang Adhi Makayasa yang nantinya akan disematkan oleh Presiden RI Ir. H. Joko Widodo pada upacara Prasetya Perwira adalah Sermatutar (M) Mochamad Irvan Sugianto. (jo)

Leave A Reply

Your email address will not be published.